Menurut Zuchdi, 2008, Kemampuan komprehensi membaca adalah separangkat keterampilan memperoleh pengetahuan yang digeneralisasi, yang memungkinkan orang memperoleh dan mewujudkan informasi yang diperoleh sebagai hasil membaca bahasa tertulis. Dengan kata lain, komprehensi membaca adalah pemerolehan makna dari unit-unit tertulis yang lebih luas dari kata.
Faktor-faktor yang mempengaruhi komprehensi membaca dibedakan menjadi dua, yakni factor yang berada di dalam diri pembaca :
1) Kemampuan Linguistik (kebahasaan)
2) Minat (besarnya kepedulian terhadap teks bacaan
3) Motivasi (besarnya kepedulian terhadap tugas membaca
4) Kumpulan kemampuan membaca
Faktor di luar diri pembaca meliputi :
1) Unsur-unsur bacaan, yakni ciri tekstual meliputi kebahasaan teks (kesulitan bahan bacaan) dan organisasi teks (jenis pertolongan yang tersedia, berupa bab dan subbab, susunan tulisan, dst)
2) Kualitas lingkungan membaca, meliputi persiapan guru sebelum, pada saat, atau sesudah pelajaran membaca guna membantu siswa memahami teks, cara siswa menanggapi tugas, dan suasana umum penyelesaian tugas (hambatan, dorongan, dsb)
Faktor penentu kemampuan membaca menurut Tampubolon ada 6 yakni :
1) Kompetensi kebahasaan
2) Kemampuan data
3) Penentuan informasi focus
4) Teknik dan metode membaca
5) Fleksibilitas membaca
6) Kebiasaan membaca
No comments :
Post a Comment