Pengetahuan tidaklah cukup, kita harus mengamalkannya. Niat tidaklah cukup, kita harus melakukannya

Saturday, March 6, 2021

Administrasi : Jenis-Jenis, Fungsi & Ciri-Ciri Administrasi

No comments

 Jenis-Jenis Administrasi

1. Administrasi Publik

Administrasi publik dilaksanakan untuk memberikan layanan terhadap publik terkait keputusan-keputusan pemerintah yang menyangkut kepentingan umum. Keputusan-keputusan tersebut merupakan hasil dari kinerja lembaga Negara, yakni lembaga eksekutif, legislatif dan yudikatif. Administrasi public berkaitan erat dengan birokrasi pemerintah.

2. Administrasi Pembangunan

Administrasi pembangunan berfokus pada Implementasi rencana pemerintah dalam meningkatkan potensi suatu wilayah dan masyarakatnya. Administrasi pembangunan umumnya dilakukan untuk memicu laju pertumbuhan diwilayah yang keadaan wilayah dan masyarakatnya belum berkembang atau mengalami masalah.

3. Administrasi Lingkungan

Administrasi lingkungan adalah seluruh kegiatan yang dilaksanakan dalam upaya menyeimbangkan kegiatan manusia dalam pembangunan dengan tidak merusak lingkungan disekitarnya.

Drs. Soekarno K., menggolongkan administrasi ke dalam tiga jenis yakni.

a. Administrasi Negara, yakni administrasi yang dilangsungkan dengan tujuan mengatur urusan-urusan yang menyangkut berbagai kepentingan umum di dalam suatu Negara.

Administrasi Negara terbagi menjadi 2 yakni :

1) Administrasi pemerintahan Negara, meliputi semua pelaksanaan kebijakan pemerintah yang bertujuan melayani kepentingan umum atau masyarakat.

Administrasi pemerintahan Negara terbagi menjadi 2 yakni 

(a)  Administrasi sipil adalah administrasi yang seluruh kegiatan yang dilakukan oleh tiap-tiap tingkatan lembaga mulai dari lembaga terendah hingga lembaga tertinggi.

(b) Administrasi militer adalah administrasi yang seluruh kegiatan yang dilakukan oleh angkatan bersenjata

2) Administrasi perusahaan Negara, meliputi kegiatan administrasi yang dilaksanakan oleh perusahaan yang dimiliki Negara.

Contoh : BUMN

b. Administrasi Swasta, seluruh kegiatan dan pelaksanaan kebijakan yang dilakukan oleh pihak swasta dengan tujuan memenuhi kepentingan pribadi dan golongan.

Administrasi swasta terbagi menjadi 2 yakni :

1) Administrasi niaga adalah seluruh kegiatan yang dilakukan pihak swasta dalam bidang perdagangan/perniagaan.

2) Administrasi nonniaga adalah seluruh kegiatan yang dilakukan pihak swasta dalam bidang sosial, budaya, dan kesejahteraan lingkungan.

c. Administrasi internasional, yakni seluruh kegiatan yang dilakukan oleh organisasi-organisasi international yang diikuti oleh berbagai Negara di seluruh dunia. Administrasi international bertujuan untuk memenuhi kepentingan Negara-negara yang menjadi anggotanya.

Administrasi internasional dibedakan menjadi 2 yakni :

1) Administrasi niaga internasional, adalah seluruh kegiatan yang dilakukan organisasi internasional yang bergerak dalam bidang perekonomian dan perdagangan.

Contoh : OPEC dan EEC

2) Administrasi nonniaga internasional, yakni seluruh kegiatan yang dilakukan oleh berbagai organisasi yang bergerak di bidang sosial, budaya, dan kesejahteraan masyarakat internasional.

Contoh : UNICEF, WHO dan FAO

Fungsi Administrasi

1. Fungsi Rutin

Fungsi rutin adalah fungsi administrasi yang membutuhkan pemikiran minimal, yakni mencakup kegiatan pengarsipan dan penggandaan dokumen.

2. Fungsi Teknis

Fungsi teknis adalah fungsi administrasi yang membutuhkan pendapat, keputusan, dan keterampilan perkantoran yang memadai.

3. Fungsi Analisis

Fungsi analisis adalah fungsi yang membutuhkan pemikiran kritis dan kreatif, disertai kemampuan untuk mengambil keputusan.

4. Fungsi Interpersonal

Fungsi interpersonal adalah fungsi yang membutuhkan penilaian dan analisis sebagai dasar pengambil keputusan serta keterampilan dan mengoordinasikan kinerja banyak orang.

5. Fungsi manajerial

Fungsi manajerial adalah fungsi yang membutuhkan perencanaan, pengorganisasian, pengukuran dan motivasi, seperti pembuatan anggaran dan evaluasi karyawan.

Menurut Mills (2001) fungsi administrasi dibedakan menjadi 4 yakni :

1) Perencanaan, yakni kegiatan administrasi yang berfokus pada perancangan, atau penetapan tujuan yang hendak dicapai dalam kegiatan administrasi.

2) Pengorganisasian, yakni pembagian tugas dan tanggung jawab pihak-pihak yang bekerja sama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan dalam perencanaan.

3) Kepemimpinan, yakni fungsi manajemen dalam mengarahkan pembagian tugas pegawai berjalan sesuai yang direncanakan.

4) Pengendalian, yakni fungsi manajemen dalam melakukan pengawasan terhadap kinerja pegawai dan perkembangan perusahaan.

Ciri-Ciri Administrasi

1. Ada kelompok manusia yang terdiri dari 2 individu atau lebih

2. Ada kerja sama

3. Ada proses atau usaha

4. Ada bimbingan, kepemimpinan dan pengawasan

5. Mempunyai tujuan


Itu dia sekilas informasi mengenai administrasi. Semoga mudah dipahami dan juga bermanfaat. 

Sumber Bacaan : 

Buku Catatan Administrasi Pajak kelas 10 SMK Akuntansi

Sumber Gambar : 

linovhr.com

hot.liputan6.com

maxmanroe.com



No comments :

Post a Comment