Pengetahuan tidaklah cukup, kita harus mengamalkannya. Niat tidaklah cukup, kita harus melakukannya

Monday, March 8, 2021

Melakukan Pemasaran Produk

No comments


A. Memahami Ilmu dan Teknik Menjual

1. Seni Menjual

Menjual merupakan kegiatan yang dilakukan oleh seseorang untuk menarik perhatian pembeli supaya barang atau jasa, dibeli oleh konsumen.

Ilmu menjual adalah suatu cara untuk melayani para pembeli agar mereka membeli barang-barang yang kita tawarkan sesuai dengan kecakapan dan kemampuan kita sebagai penjual.

a. Manfaat ilmu menjual

1) Memperlancar tugas penjual dalam melakukan kegiatan dagang

2) Penjual dapat mengatasi segala macam tantangan atau hambatan yang kadang timbul

3) Membantu penjual dalam mengatasi persaingan yang makin ketat

4) Meningkatkan omzet penjualan

b. Objek Ilmu Menjual

1) Diri penjual

2) Barang yang akan dijual

3) Keadaan pembeli atau pelanggan

2. Teknik Menjual

Teknik menjual merupakan cara-cara atau kiat-kiat yang dilakukan penjual dalam rangka meraih konsumen.

Tahapan-tahapan dalam melakukan kegiatan penjualan berdasarkan 5 konsep AIDAS sebagai berikut.

1) Perhatian

2) Minat

3) Keinginan

4) Tindakan

5) Kepuasaan

B. Menetapkan Harga Jual

1. Penetapan Harga

Tujuan penetapan harga adalah sebagai berikut.

1) Untuk mempertahankan dan meningkatkan pangsa pasar

2) Untuk memperoleh laba maksimal

3) Untuk meningkatkan volume penjualan

4) Alat promosi

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam menetapkan harga diantaranya yaitu :

1) Biaya Produksi

2) Daya beli konsumen

3) Laba yang diinginkan

2. Cara Menetapkan Harga Jual

4 metode untuk menetapkan harga yaitu :

1) Metode penetapan harga berbasis permintaan

2) Berbasis biaya

3) Berbasis laba

4) Berbasis persaingan

C. Menganalisis Kepuasaan Pelanggan

Kepuasaan pelanggan adalah tingkat perasaan konsumen setelah membandingkan antara apa yang dia terima dan harapannya.

1. Faktor-Faktor yang mempengaruhi kepuasaan pelanggan

a. Kualitas produk

b. Kualitas pelayanan atau jasa

c. Harga

d. Emosional

e. Kemudahan

2. Metode Pengukuran Kepuasaan Pelanggan

Metode pengukuran kepuasaan pelanggan menurut Fandy Tjiptono (2003:104) yaitu sebagai berikut.

a. Sistem keluhan dan saran

b. Survei kepuasaan pelanggan

c. Ghost shopping

d. Lost Customer Analysis

D. Melakukan Negosiasi

Negosiasi merupakan perundingan antara dua pihak dimana didalamnya terdapat proses memberi, menerima, dan tawar menawar.

1. Strategi Negosiasi

a. Strategi menang-menang

b. Strategi menang-kalah

c. Strategi Kalah-kalah

2. Taktik Negosiasi

a. Memang lebih dari yang diharapkan

b. Di awal negosiasi, jangan dulu berkata “Ya”

c. Melakukan flinich terhadap proposal atau tawaran dari calon pelanggan.

d. Penjual bersikap seolah-olah tidak membutuhkan

e. Kata-kata permintaan yang bijaksana

E. Saluran dan Jaringan Distribusi

Distribusi merupakan kegiatan pemasaran yang berusaha memperlancar dan mempermudah penyampaian barang dan jasa dari produsen kepada konsumen, sehingga penggunaannya sesuai dengan yang diperlukan.

1. Tujuan Distribusi yaitu sebagai berikut.

1) Produsen atau perusahaan membuat barang dengan tujuan dijual untuk memperoleh keuntungan

2) Barang atau jasa produksi tidak aka nada artinya bila tetap berada ditempat produksi

3) Tidak semua barang atau jasa yang dibutuhkan konsumen dapat dibeli secara langsung dari produsen.

2. Sistem Distribusi

Sistem distribusi merupakan cara-cara yang dilakukan dalam menyalurkan barang dan jasa sehingga sampai ke tangan yang memerlukannya.

a. Sistem Distribusi Langsung

Sistem distribusi langsung adalah sistem distribusi yang tidak menggunakan saluran distribusi (langsung oleh produsen ke konsumen yang dilakukan tanpa perantara)

b. Sistem Distribusi Semi Langsung

Sistem distribusi semi langsung adalah sistem distribusi dimana penyaluran barang hasil produksi dari produsen ke konsumen melalui badan perantara (took) milik produsen itu sendiri.

c. Sistem Distribusi Tidak Langsung

Sistem distribusi tidak langsung adalah sistem distribusi yang menggunakan saluran distribusi dalam kegiatan distribusinya (melalui perantara) 

3. Saluran Distribusi

Saluran distribusi adalah suatu jalur perantara pemasaran baik transportasi maupun penyimpanan suatu produk barang dan jasa dari tangan produsen ke tangan konsumen

4. Macam-Macam Saluran Distribusi

1) Produsen – Konsumen

2) Produsen – Pengecer – Konsumen

3) Produsen – Pedagang besar – Pengecer – Konsumen 

4) Produsen – Agen – Pengecer – Konsumen

5) Produsen – Agen – Pedagang besar – Pengecer – Konsumen 


Itu dia sekilas informasi mengenai Pemasaran Produk. Semoga mudah dipahami dan juga bermanfaat.

Sumber Bacaan : 

Buku catatan kewirausahaan kelas 10 SMK Akuntansi

Sumber Gambar :

Xendit.co

No comments :

Post a Comment