A. Pengertian dan Tujuan Promosi
Menurut Fandy Tjiptono (2008:219), promosi merupakan bentuk komunikasi pemasaran, artinya aktivitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi/membujuk dan atau mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima membeli dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan.
1. Menginformasikan
- Menginformasikan pasar mengenai keberadaan adanya sebuah produk baru
- Meluruskan kesan yang keliru kepada masyarakat
- Membangun citra perusahaan
2. Mempengaruhi dan Membujuk
- Membentuk pilihan merek
- Mengalihkan pilihan konsumen ke merek tertentu
- Mengubah presepsi konsumen terhadap atribut suatu produk
3. Mengingatkan
- Mengingatkan para konsumen bahwa produk yang bersangkutan dibutuhkan oleh mereka dalam waktu dekat
- Mengingatkan para konsumen akan tempat-tempat yang menjual produk perusahaan
- Membuat para konsumen tetap ingat walaupun tidak adanya kampanye iklan
B. Macam-Macam Bentuk Promosi
1. Periklanan
Periklanan merupakan bentuk promosi dalam bentuk lisan ataupun penglihatan produk tertentu kepada konsumen dengan tujuan mendorong mereka untuk melakukan pembelian. Tujuan semua periklanan adalah menaikkan penjualan dan keuntungan. Iklan mempunyai beberapa karakteristik yaitu komunikatif, informative, bahasanya mudah dimengerti dan diingat masyarakat, menarik perhatian dan bersifat mengajak konsumen untuk membeli barang atau jasa yang telah diiklankan. Berdasarkan media yang digunakan, iklan dapat dibagi dalam beberapa jenis yaitu sebagai berikut.
• Iklan Cetak
Iklan cetak merupakan iklan yang dibuat dan dipasang dengan menggunakan teknik cetak, yang dapat berupa letterpress, photolithography, sablon, inkjet, laser, dan lain-lain.
• Iklan Elektronik
Iklan elektronik merupakan iklan yang menggunakan media berbasis perangkat elektronik.
2. Penjualan Pribadi (Personal Selling)
Personal Selling merupakan komunikasi langsung (tatap muka) antaraa penjual dan calon pelanggan untuk memperkenalkan suatu produk kepada calon pelanggan dan membentuk pemahaman pelanggan terhadap produk sehingga mereka kemudian akan mencoba dan membelinya.
3. Publisitas
Publisitas merupakan bentuk promosi barang dan jasa secara nonpersonal, yang mana orang/organisasi yang diutungkan tidak membayar untuk itu. Publisitas merupakan pemanfaatan nilai-nilai berita yang terkandung dalam suatu produk untuk membentuk citra produk yang bersangkutan.
4. Direct Markting
Direct marketing adalah sistem pemasaran yang bersifat interaktif, yang memanfaatkan satu atau beberapa media iklan untuk menimbulkan respon yang terukur dan atau transaksi di sembarang lokasi.
5. Publik Relation
Publik relations merupakan upaya komunikasi menyeluruh dari suatu perusahaan untuk mempengaruhi persepsi, opini, keyakinan, dan sikap berbagai kelompok terhadap perusahaan tersebut.
Public relation mempunyai tiga sifat utama yaitu sebagai berikut.
- Memiliki kredibilitas tinggi, dimana artikel dan media massa lebih dipercaya daripada iklan
- Dapat menjangkau pihak-pihak yang menghindari wiraniaga atau iklan
- Memiliki potensi untuk mendramatisasi suatu perusahaan atau produk tertentu
6. Promosi Penjualan
Promosi penjualan merupakan bentuk persuasi langsung melalui penggunaan berbagai insentif yang dapat diatur untuk merangsang pembelian yang dapat diatur untuk merangsang pembelian produk dengan segera dan atau meningkatkan jumlah barang yang dibeli pelanggan.
Promosi penjualan dapat berupa hal-hal berikut.
• Sampel
Sampel adalah contoh produk yang secara Cuma-Cuma diberikan kepada konsumen dengan harapan mereka menerimanya serta menggunakannya, dapat diberikan secara langsung kepada konsumen atau digabungkan dengan produk yang sudah dikenal konsumen. Tujuan dari pemberian sampel adalah mendorong konsumen mencoba produk baru.
• Kupon
Kupon adalah secarik kertas berstempel perusahaan yang memberikan hak kepada pemegangnya untuk mendapatkan pemotongan harga dalam membeli produk dengan harga yang lebih murah. Tujuan kupon adalah merangsang permintaan.
• Diskon
Diskon adalah potongan harga pada setiap barang yang dijual oleh para penjual agar produknya diminati oleh banyak pembeli
• Rabat
Rabat adalah potongan harga yang diberikan penjual kepada pembeli karena membeli barang secara tunai dalam jumlah yang banyak
• Trading stamps, yaitu pemberian kupon-kupon dengan cap dagang perusahaan pada waktu terjadinya pembelian barang. Apabila kupon sudah terkumpul dalam jumlah tertentu, dapat ditukar dengan suatu barang di perusahaan tersebut.
C. Media Promosi
Media promosi merupakan suatu alat untuk mengkomunikasikan suatu produk perusahaan ataupun yang lain untuk dapat lebih dikenal masyarakat lebih luas.
Itu dia sekilas informasi mengenai Media Promosi Pemasaran. Semoga mudah dipahami dan juga bermanfaat.
Sumber Bacaan :
Buku Catatan Kewirausahaan Kelas 10 SMK Akuntansi
Sumber Gambar :
No comments :
Post a Comment