Pengetahuan tidaklah cukup, kita harus mengamalkannya. Niat tidaklah cukup, kita harus melakukannya

Monday, March 8, 2021

Siklus Akuntansi : Laporan Keuangan

No comments

 


A. Pengertian Neraca Lajur

Neraca lajur adalah suatu format yang dibuat sebagian media untuk mempermudah penolahan data akuntansi menjadi laporan keuangan yang benar seperti periode akuntansi. Neraca lajur juga berarti kertas yang terdiri atas kolom-kolom yang digunakan untuk memberikan data tentang saldo setiap rekening, jumlah yang dibutuhkan, yang diperlukan dalam penyusutan laporan keuangan.

Menurut Nur Rochman, neraca lajur adalah suatu kertas kerja atau daftar yang digunakan untuk mencatat, menyesuaikan dan menggolongkan semua akun yang ada di daftar saldo dan dibuat pada saat perusahaan akan menyusun laporan keuangan.

Neraca lajur merupakan suatu kertas berkolom atau berlajur yang dirancang secara khusus untuk menghimpun semua data akuntansi dari daftar saldo yang dibutuhkna pada saat perusahaan akan menyusun laporan-laporan keuangan dengan cara yang sistematis.

• Fungsi neraca lajur 

- Memudahkan dalam menyusun laporan keuangan

- Meringkas data, baik data neraca saldo maupun data penyesuaian

- Membantu menghindari kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi pada saat pembuatan jurnal penyesuaian

• Manfaat Neraca Lajur

- Berfungsi sebagai referensi menyusun ayat jurnal penutup

- Dapat digunakan untuk memeriksa data-data (akun dan jumlah saldo) yang akan disajikan dalam laporan keuangan

- Dapat menunjukkan bahwa prosedur-prosedur yang perlu dilakukan untuk menyusun laporan keuangan telah dilaksanakan

- Dapat mempermudah untuk menemukan kesalahan-kesalahan yang mungkin dilakukan.

B. Bentuk-Bentuk Neraca Lajur 

1. Bentuk 8 kolom

Keterangan :

1) Diisi dengan nomor account

2) Account title diisi dengan nama akun

3) Trial balance diisi dengan jumlah angka disebelah debit akun yang bersangkutan di  Trial Balance (1)

4) Trial balance diisi dengan jumlah angka disebelah kredit akun yang bersangkutan di trial balance (2)

5) Adjustment entry diisi dengan jumlah debit adjustment untuk akun yang bersangkutan (3)

6) Adjustment entry diisi dengan jumlah kredit adjustment untuk akun yang bersangkutan (4)

7) Income Statement diisi dengan perkiraan-perkiraan nominal (pendapatan dan beban)

8) Balance Sheet diisi dengan perkiraan-perkiraan real (asset, liabilities dan capital)

2. Bentuk 10 Kolom

Keterangan :

1) Cara pengisian no. 1,2,3 dan 4 adalah sama dengan 8 kolom 

2) Untuk Nomor 7 : diisi dengan jumlah debet account nominal pada kolom trial balance in adjusted

3) Untuk Nomor 8 : diisi dengan jumlah kredit akun nominal pada kolom trial balance adjusted

4) Untuk nomor 9 : diisi dengan jumlah debit account real pada kolom trial balance adjusted

5) Untuk no 10 : diisi dengan jumlah kredit account real pada kolom trial balance adjusted

3. Bentuk 12 Kolom untuk perusahaan manufaktur

Perkiraan-perkiraan yang termasuk ke dalam proses produksi seperti :

1) Persediaan bahan baku

2) Persediaan barang dalam proses

3) Persediaan barang jadi

4) Tenaga kerja langsung

5) Biaya overhead pabrik

6) Bahan penolong

C. Prosedur Penyusunan Neraca Lajur

1. Memasukkan saldo-saldo akun dari buku besar ke dalam kolom-kolom daftar saldo pada formulir neraca lajur

2. Pindahkan account no, account title dan jumlah debet serta kredit di trial balance ke dalam work sheet pada kolom trial balance

3. Memasukkan ayat jurnal penyesuaian kedalam kolom-kolom penyesuaian

4. Mengisi kolom-kolom daftar saldo setelah disesuaikan

5. Memindahkan jumlah-jumlah di dalam kolom-kolom daftar saldo setelah disesuaikan kedalam kolom laba rugi dan laporan posisi keuangan

6. Menjumlahkan kolom-kolom laba rugi dan kolom-kolom laporan posisi keuangan serta memasukkan angka laba bersih/rugi bersih sebagai angka pengimbang kedalam kedua pasang kolom diatas, dan sekali lagi menjumlahkan kolom tersebut.

D. Pengertian Laporan Keuangan

Laporan keuangan adalah laporan keuangan yang disusun setiap akhir periode akuntansi. Laporan keuangan merupakan laporan yang penting bagi pemilik perusahaan karyawan, kreditur, pemerintah karena berisi informasi keuangan perusahaan pada periode tersebut.

Pengertian Laporan Keuangan menurut SAK ETAP

Laporan keuangan merupakan entitas, meliputi :

1. Neraca

2. Laporan Laba rugi

3. Laporan perubahan ekuitas yang juga menunjukkan :

a.  Seluruh perubahan dalam ekuitas, atau

b. Perubahan ekuitas selain perubahan yang timbul dari transaksi dengan pemilik dalam kapasitasnya sebagai pemili k 

4. Laporan arus kas

5. Catatan atas laporan keuangan yang berisi ringkasan kebijakan akuntansi yang signifikan dan informasi penjelasan lainnya.


Itu dia sekilas informasi mengenai Siklus Akuntansi Laporan Keuangan

Sumber Bacaan :

Buku Catatan Akuntansi Dasar Kelas 10 SMK Akuntansi

Sumber Gambar :

Pengadaan.web.id

No comments :

Post a Comment