Pengetahuan tidaklah cukup, kita harus mengamalkannya. Niat tidaklah cukup, kita harus melakukannya

Friday, February 26, 2021

Melakukan Pelayanan Usaha

No comments

Rangkuman Materi Melakukan Pelayanan Usaha

A. Pengertian dan Tujuan Pelayanan Prima

Menurut Barata (2003 : 30), pelayanan adalah suatu kegiatan atau urutan kegiatan yang terjadi dalam interaksi langsung antara seseorang dengan orang lain atau mesin secara fisik, dan menyediakan kepuasan pelanggan.

1. Pengertian Pelayanan Prima

Pelayanan Prima adalah pelayanan sebaik-baiknya kepada pelanggan sehingga dapat menimbulkan rasa puas pada pelanggan.

2. Tujuan Pelayanan Prima

1) Untuk memberikan pelayanan yang bermutu tinggi kepada pelanggan

2) Untuk menciptakan kepercayaan dan kepuasan kepada pelanggan

3) Untuk mempertahankan pelanggan

B. Konsep Pelayanan Prima

1. Pelayanan Prima Berdasarkan Konsep Sikap

Pelayanan berdasarkan sikap merupakan pelayanan yang diberikan kepada calon pelanggan dalam upaya membantu melakukan kegiatan pembeliannya.

Pelayanan berdasarkan sikap terdiri dari beberapa bentuk yaitu :

- Pelayanan dengan penampilan serasi

- Pelayanan dengan berpikir positif

- Pelayanan pelanggan dengan sikap menghargai

2. Pelayanan Prima Berdasarkan Konsep Perhatian

Konsep perhatian dalam pelayanan prima adalah semua aktivitas karyawan yang berkaitan dengan upaya mendengarkan dan memahami kebutuhan pelanggan, mengamati perilaku pelanggan, serta mencurahkan perhatian sepenuhnya kepada pelanggan.

Bentuk-bentuk pelayanan berdasarkan konsep perhatian adalah sebagai berikut.

- Mendengarkan dan memahami kebutuhan pelanggan

- Mengamati perilaku pelanggan

Perilaku pelanggan merupakan tindakan yang dilakukan oleh seseorang, kelompok dan organisasi dalam mendapatkan dan menggunakan suatu produk sebagai suatu akibat dari pengalamannya dengan produk, pelayanan dan sumber lainnya.

- Berpikir

Berpikir merupakan kemampuan menghubungkan satu hal dengan hal lain untuk mengambil suatu kesimpulan dalam memutuskan suatu tindakan yang tepat.

- Mencurahkan perhatian penuh pada pelanggan

3. Pelayanan Prima Berdasarkan Konsep Tindakan

Konsep Tindakan adalah suatu konsep pelayanan dalam rangka meyakinkan pembeli agar membeli barang yang kita tawarkan.

- Mencatat pesanan pelanggan

- Pencatatan kebutuhan pelanggan

- Penegasan kembali kebutuhan pelanggan

- Mewujudkan kebutuhan pelanggan

- Memberikan layanan purna jual

Layanan purna jual yaitu pelayanan atau bonus service yang diberikan setelah terjadi transaksi jual beli barang.

- Mengucapkan terima kasih dengan harapan pelanggan kembali


Itu dia sekilas informasi mengenai pelayanan usaha. Semoga mudah dipahami dan juga bermanfaat

Sumber Bacaan : Buku Catatan Kewirausahaan Kelas 11 SMK Akuntansi
Sumber Gambar : ciputrauceo.net

No comments :

Post a Comment