Rangkuman Materi Melakukan Pelayanan Usaha
A. Pengertian dan Tujuan Pelayanan Prima
Menurut Barata (2003 : 30), pelayanan adalah suatu kegiatan atau urutan kegiatan yang terjadi dalam interaksi langsung antara seseorang dengan orang lain atau mesin secara fisik, dan menyediakan kepuasan pelanggan.
1. Pengertian Pelayanan Prima
Pelayanan Prima adalah pelayanan sebaik-baiknya kepada pelanggan sehingga dapat menimbulkan rasa puas pada pelanggan.
2. Tujuan Pelayanan Prima
1) Untuk memberikan pelayanan yang bermutu tinggi kepada pelanggan
2) Untuk menciptakan kepercayaan dan kepuasan kepada pelanggan
3) Untuk mempertahankan pelanggan
B. Konsep Pelayanan Prima
1. Pelayanan Prima Berdasarkan Konsep Sikap
Pelayanan berdasarkan sikap merupakan pelayanan yang diberikan kepada calon pelanggan dalam upaya membantu melakukan kegiatan pembeliannya.
Pelayanan berdasarkan sikap terdiri dari beberapa bentuk yaitu :
- Pelayanan dengan penampilan serasi
- Pelayanan dengan berpikir positif
- Pelayanan pelanggan dengan sikap menghargai
2. Pelayanan Prima Berdasarkan Konsep Perhatian
Konsep perhatian dalam pelayanan prima adalah semua aktivitas karyawan yang berkaitan dengan upaya mendengarkan dan memahami kebutuhan pelanggan, mengamati perilaku pelanggan, serta mencurahkan perhatian sepenuhnya kepada pelanggan.
Bentuk-bentuk pelayanan berdasarkan konsep perhatian adalah sebagai berikut.
- Mendengarkan dan memahami kebutuhan pelanggan
- Mengamati perilaku pelanggan
Perilaku pelanggan merupakan tindakan yang dilakukan oleh seseorang, kelompok dan organisasi dalam mendapatkan dan menggunakan suatu produk sebagai suatu akibat dari pengalamannya dengan produk, pelayanan dan sumber lainnya.
- Berpikir
Berpikir merupakan kemampuan menghubungkan satu hal dengan hal lain untuk mengambil suatu kesimpulan dalam memutuskan suatu tindakan yang tepat.
- Mencurahkan perhatian penuh pada pelanggan
3. Pelayanan Prima Berdasarkan Konsep Tindakan
Konsep Tindakan adalah suatu konsep pelayanan dalam rangka meyakinkan pembeli agar membeli barang yang kita tawarkan.
- Mencatat pesanan pelanggan
- Pencatatan kebutuhan pelanggan
- Penegasan kembali kebutuhan pelanggan
- Mewujudkan kebutuhan pelanggan
- Memberikan layanan purna jual
Layanan purna jual yaitu pelayanan atau bonus service yang diberikan setelah terjadi transaksi jual beli barang.
- Mengucapkan terima kasih dengan harapan pelanggan kembali
No comments :
Post a Comment